11 Contoh Surat Surat Kuasa Khusus Paling Lengkap

Selamat datang di SuratResmi.id yang merupakan sebuah situs penyedia ragam contoh surat. Termasuk diantaranya adalah contoh surat kuasa khusus yang akan kita bahas kali ini. Sebelumnya, kita akan membahas sedikit tentang surat kuasa. Simak penjelasannya di bawah ini:

PENGERTIAN SURAT KUASA

Surat kuasa merupakan sebuah surat yang berisikan pelimpahan wewenang dari seseorang atau pihak tertentu kepada seseorang atau pihak lain.

Adapun pelimpahan wewenang tersebut bisa mewakili pihak yang memberikan kuasa tersebut. Baik untuk urusan pribadi, bisnis hingga hukum.

SURAT KUASA KHUSUS

Surat kuasa khusus merupakan sebuah pemberian kuasa yang dilakukan hanya untuk sebuah kepentingan tertentu sesuai dengan pasal 1975 KUHPer. Di dalam surat kuasa khusus juga turut dijelaskan mengenai tindakan-tindakan apa saja yang bisa dilakukan oleh penerima kuasa.

CONTOH SURAT KUASA KHUSUS

Berikut ini merupakan 11 contoh surat kuasa khusus yang bisa kalian unduh secara gratis dan mudah untuk diedit kembali.

1. Surat Kuasa Khusus Perpajakan

Pajak
Pajak


Surat kuasa untuk perpajakan merupakan sebuah pemberian kuasa terhadap seseorang untuk bisa melaksanakan urusan perpajakan dari wajib pajak yang memberi kuasa tersebut.

Ditjen Pajak memberikan sebuah kemudahan untuk para wajib pajak yang megalami kesulitan di dalam mengurus hak serta kewajibannya untuk meminta seseorang untuk bisa membantunya.

Perlu pembacara SuratResmi.id ketahui bahwa wajib pajak hanya perlu membuat surat untuk menunjuk seseorang sebagai pemegang kuasa wajib pajak untuk  bisa menyelesaikan hak dan kewajiban pemberi kuasa.

Surat Kuasa Khusus Pajak

Untuk bisa membuat sura tkuasa pajak maka kalian perlu untuk memperhatikan format yang sudah ditetapkan oleh Ditjen Pajak.

Berikut ini ketentuannya:

  • Nama, alamat dan NPWP wajib pajak pemberi kuasa.
  • Nama, alamat dan NPWP penerima kuasa.
  • Bidang/cakupan hak dan/atau kewajiban perpajakan yang dikuasakan.
Surat Kuasa Khusus Perpajakan
Surat Kuasa Khusus Perpajakan


Download Surat

2. Surat Kuasa Khusus Kasus Perdata

Perdata
Perdata


Di dalam sebuah hukum acara perdata Indonesia, kalau seseorang ingin mengajukan gugatan perdata di Pengadilan Negeri mengenai permasalahan hukum yang berhubungan dengan perjanjian atau perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh seseorang terhadap dirinya, lalu Ia mempunyai keinginan untuk menunjuk seorang advokat sebagai penerima kuasanya unutk mewakili dan memberikan bantuan hukum dalam proses pemeriksaan perkara di persidangan tersebut. Maka orang tersebut bisa membuat sebuha surat kuasa terhadap advokat tersebut.

Berdasarkan ketentuan yang berada di dalam pasal 123 Ayat 1 (HIR) membagi surat kuasa tersebut ke dalam tiga jenis, yaitu:

  • Surat Kuasa Lisan
  • Surat Kuasa yang Ditunjuk dalam Surat Gugatan
  • Surat Kuasa Khusus

Nah, sekarang, SuratResmi.id akan memberikan contoh surat kuasa khusus dalam kasus perdata. Berikut contohnya:

Surat Kuasa Khusus Kasus Perdata
Surat Kuasa Khusus Kasus Perdata


Download Surat

3. Surat Kuasa Khusus Kasus Pidana

Pidana
Pidana


Mirip seperti surat kuasa khusus perdata, hanya saja untuk perbedaannya terdapat di jenis kasusnya, yaitu pidana.

Berikut contohnya:

Surat Kuasa Khusus Kasus Pidana
Surat Kuasa Khusus Kasus Pidana


Download Surat

4. Surat Kuasa Khusus PTUN

PTUN
PTUN


PTUN merupakan Peradilan Tata Usaha Negara yang berada di bawah Mahkamah Agung dan melaksanakan kekuasaan kehakiman untuk rakyat sebagai pencari keadilan atas sengketa Tata Usaha Negara.

Apa itu Sengketa Tata Usaha Negara

Ini merupakan sebuah sengketa yang muncul di dalam bidang Tata Usaha Negara antara seseorang atau pihak dengan Badan Tata Usaha Negara, baik itu berada di pusat ataupun daerah sebagai akibat dari dikeluarkannya Keputusan Tata Usaha Negara, termasuk di antaranya  seperti sengketa kepegawaian berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Lalu bagaimana contoh surat kuasa khusus PTUN? Berikut ini contohnya:

Surat Kuasa Khusus PTUN
Surat Kuasa Khusus PTUN


Download Surat

5. Surat Kuasa Khusus Perceraian

Perceraian
Perceraian


Bercerai memang sebuah peristiwa yang tidak diinginkan oleh siapapun, namun tentu saja tidak bisa dihindari kalau nasib berkata lain.

Berikut ini merupakan contoh surat kuasa khusus perceraian:

Surat Kuasa Khusus Perceraian
Surat Kuasa Khusus Perceraian


Download Surat

6. Surat Kuasa Khusus saat terjadi Wanprestasi

Wanprestasi
Wanprestasi


Wanprestasi merupakan salah satu hal yang tentu tidak diinginkan terjadi oleh siapapun, namun terkadang kita tidak bisa memprediksikan bagaimana orang-orang justru melakukan kesalahan yang membuat kita harus mengambil tindakan-tindakan ang diperlukan.

Berikut ini contoh surat kuasa khusus wanprestasi:

Surat Kuasa Khusus saat terjadi Wanprestasi
Surat Kuasa Khusus saat terjadi Wanprestasi


Download Surat

7. Surat Kuasa Khusus Ahli Waris

Ahli Waris
Ahli Waris


Umumnya sebuah surat kuasa akan dibutuhkan saat ahli waris berada di luar kota atau luar negeri sedangkan terdapat sesuatu hal yang harus diurus.

Surat kuasa sangat bermanfaat di saat seperti ini. Berikut ini contoh surat kuasa khusus ahli waris yang bisa SuratResmi.id berikan:

Surat Kuasa Khusus Ahli Waris
Surat Kuasa Khusus Ahli Waris


Download Surat

8. Surat Kuasa Khusus Arbitrase

Arbitrase
Arbitrase


Arbitrase merupakan sebuah cara penyelesaian terhadap sebuah sengketa perdata yang berada di luar peradilan umum dengan dasar perjanjian arbitrase.

Perjanjian tersebut dibuat secara tertulis oleh pihak-pihak yagn bersengketa, sesuai dengan pasal 1 ayat 1 UU No 30 Tahun 1999 tentang Arbitrasi dan Alternatif Penyelesaian Sengketa.

Di dalam kasus arbitrase ini, kadang pihak terkait akan membutuhkan surat kuasa untuk memberikan wewenang terhadap seseorang.

Berikut contohnya:

Surat Kuasa Khusus Arbitrase
Surat Kuasa Khusus Arbitrase


Download Surat

9. Surat Kuasa Khusus Bank

Bank
Bank


Untuk melakukan sebuah proses administrasi ke bank, kalau kita sedang sibuk, kita juga bisa memberikan kuasa kepada orang lain.

Adapun surat kuasa yang dimaksud adalah seperti ini:

Surat Kuasa Khusus Bank
Surat Kuasa Khusus Bank


Download Surat

10. Surat Kuasa Khusus BPJS

BPJS
BPJS


Sekelas pengurusan administrasi BPJS pun ternyata juga membutuhkan surat kuasa untuk memberikan wewenang kepada seseorang.

Kalian bisa melihat contohnya seperti ini:

Surat Kuasa Khusus BPJS
Surat Kuasa Khusus BPJS


Download Surat

11. Surat Kuasa Khusus Direktur

Direktur
Direktur


Dalam sebuah perusahaan, surat kuasa biasa dibuat untuk melakukan sesuatu  yang berhubungan pada limpahan wewenang.

Berikut contoh surat kuasa khusus direktur:

Surat Kuasa Khusus Direktur
Surat Kuasa Khusus Direktur


Download Surat

Itulah 11 contoh surat kuasa khusus yang bisa SuratResmi.id berikan. Semoga bermanfaat dan segala macam kasus yang tengah kalian alami bisa diselesaikan secara baik.

PERHATIKAN HAL INI SEBELUM MEMBUAT SURAT KUASA

Surat kuasa memang diketahui menjadi salah satu solusi yang sering membantu kita dalam mengatasi permasalahan dengan menunjuk seseorang untuk mewakilinya.

Tetapi juga ternyata untuk membuat surat kuasa harus memperhatikan beberapa aspek agar tidak menyesal di kemudian hari. Berikut diantaranya:

Pemilihan Orang

Kalian harus mempertimbangkan secara matang tentang siapa orang yang akan kalian berikan kuasa tersebut. Usahakan orang tersebut merupakan teman dekat, kerabat, atau keluarga.

Kewenangan yang diberikan

Perhatikan secara seksama mengenai kewenangan yang diberikan dalam surat kuasa yang diberikan. Jangan sampai orang yang diberi kuasa bisa melakukan hal-hal yang tidak bisa kita hentikan dan merugikan.

Materai

Setiap surat kuasa umumnya akan membutuhkan materai yang ditempelkan pada tandatangan pemberi kuasa.

Saksi

Usahakan pada waktu membuat atau memberikan surat kuasa tersebut, ada saksi yang melihat proses pemberian surat kuasa yang dimaksud.

Demikian artikel ini dibuat untuk bisa membantu kalian agar bisa membuat surat kuasa khusus yang baik dan benar. Terima kasih.