10 Contoh Surat Keterangan Usaha dari RT, RW dan Kelurahan

Surat Keterangan Usaha merupakan salah satu persyaratan yang biasanya dibutuhkan untuk mengajukan pinjaman. Oleh karena itu, kali ini SuratResmi.id akan memberikan beberapa contoh surat keterangan usaha dari RT, RW dan Kelurahan sekaligus.

CARA MEMBUAT SURAT KETERANGAN USAHA

Ada beberapa dokumen yang harus Anda persiapkan untuk bisa membuat surat keterangan usaha dari instansi terkait. Adapun beberapa di antaranya sebagai berikut:

  • Kartu Tanda Penduduk (Fotokopi)
  • Kartu Keluarga (Fotokopi
  • Surat Pengantar RT/RW
  • Surat Pernyataan Permohonan

Setelah persyaratan lengkap, kalian bisa membawanya ke kantor Kelurahan dan memberikannya kepada petugas yang ada di sana. Ikuti prosesnya, nanti kalian akan dipandu oleh petugas.

CONTOH SURAT KETERANGAN USAHA

Berikut ini 10 Contoh Surat Keterangan Usaha dari RT, RW, dan Kelurahan yang bisa kami berikan:

1. Surat Keterangan Usaha Kepala Desa

Untuk mendapatkan surat keterangan usaha dari Kepala Desa mungkin memang agak merepotkan karena mengingat orang yang bersangkutan mempunyai banyak kegiatan. Oleh karena itu, mungkin saja pihaknya tak bisa membuatkan kalian surat keterangan usaha dengan mengetik sendiri.

Alangkah kalian bisa menyediakannya seperti contoh yang akan SuratResmi.id berikan kali ini. Berikut contoh surat keterangan usaha kepala desa:

Surat Keterangan Usaha Kepala Desa
Surat Keterangan Usaha Kepala Desa


Download Surat

2. Surat Keterangan Usaha dari Ketua RT

Surat keterangan usaha yang ditandatangani oleh Ketua RT merupakan syarat yang paling dibutuhkan untuk mengajukan pinjaman. Bisa dibilang ini merupakan landasan utama dari surat keterangan lain yang akan didapatkan.

Kalau tidak memiliki surat keterangan usaha dari Ketua RT, maka tentu kalian akan sulit untuk mengajukan permohonan surat-surat lainnya. Oleh karena itu sepertinya kalian harus mempunyai hubungan baik dengan Ketua RT.

Umumnya pihak dari Ketua RT tidak akan memberikan surat dengan hasil ketikan dari mereka, jadi kalian harus mempersiapkannya. Tapi kalian tidak perlu khawatir karena kali ini, SuratResmi.id akan memberikan contoh surat keterangan usaha yang bisa kalian unduh secara gratis dan diedit dengan sangat mudah lalu tinggal print dan berikan surat ini kepada Ketua RT untuk ditandatangani.

Inilah contoh surat keterangan usaha dari Ketua RT:

Surat Keterangan Usaha dari Ketua RT
Surat Keterangan Usaha dari Ketua RT


Download Surat

3. Surat Keterangan Usaha beserta Waktu

Kali ini kita akan memberikan contoh surat keterangan usaha yang dilengkapi dengan waktu perintisan usaha tersebut. Sudah berapa lama usaha tersebut berjalan hingga saat ini. Dalam contoh surat keterangan usaha kali ini juga diisi dengan unit usaha ganda, bukan hanya satu usaha saja, tetapi ada dua, pada contoh kali ini SuratResmi.id menulis Toko Sembako dan Bengkel Motor. Tentu saja kalian bisa mengubahnya sesuai dengan usaha yang kalian miliki.

Berikut ini contoh surat keterangan usaha yang dilengkapi dengan waktu perintisan usaha:

Surat Keterangan Usaha beserta Waktu
Surat Keterangan Usaha beserta Waktu


Download Surat

4. Surat Keterangan Usaha Pailit

Terkadang kita hanya bisa berencana, namun Tuhan yang menentukan rejeki, ada yang sukses, ada juga yang bangkrut. Kali ini kami juga akan memberikan sebuah contoh surat keterangan usaha pailit jika kalian mengalami kebangkrutan dalam usahanya.

Jangan bersedih, karena terkadang kita mempunyai jalan lain yang mungkin lebih baik dari kebangkrutan ini. Umumnya surat keterangan usaha pailit ini digunakan untuk meminta keringanan atas pinjaman atau utang yang pernah diajukan saat mengembangkan usaha.

Pesan kami dari SuratResmi.id, walau usaha yang dibangun mengalami kegagalan, jangan pernah berhenti untuk berusaha. Semangat terus ya!

Berikut ini contohnya:

Surat Keterangan Usaha Pailit
Surat Keterangan Usaha Pailit


Download Surat

5. Surat Keterangan Anak Usaha

Mempunyai anak usaha, terkadang ada saja yang tidak mempercayainya. Oleh karena itu, kita membutuhkan sebuah surat keterangan anak usaha agar orang-orang bisa percaya bahwa perusahaan tersebut merupakan cabang dari perusahaan besar.

Berikut ini merupakan contoh surat keterangan anak usaha berupa CV:

Surat Keterangan Anak Usaha
Surat Keterangan Anak Usaha


Download Surat

6. Surat Keterangan Usaha untuk Pinjaman Modal

Surat keterangan usaha memang sangat identik dengan pinjaman modal alias utang. Kali ini SuratResmi.id akan memberikan contoh surat keterangan usaha yang digunakan untuk meminjam uang untuk modal usaha.

Berikut ini contoh surat keterangan usaha untuk pinjaman modal:

Surat Keterangan Usaha untuk Pinjaman Modal
Surat Keterangan Usaha untuk Pinjaman Modal


Download Surat

7. Surat Keterangan Usaha Kecil-kecilan

Usaha memang tidak menentu, ada yang besar, ada yang kecil, kali ini kami akan memberikan surat keterangan usaha kecil-kecilan. Mungkin contohnya seperti warung klontong, penjual beras, pedagang sayur, atau mainan anak-anak.

Langsung saja lihat contoh surat keterangan usaha kecil-kecilan berikut ini:

Surat Keterangan Usaha Kecil-kecilan
Surat Keterangan Usaha Kecil-kecilan


Download Surat

8. Surat Keterangan Usaha Katering

Katering merupakan salah satu usaha yang cukup banyak dilakoni oleh masyarakat karena mudah untuk dijalankan. Terutama bagi mereka yang mempunyai keahlian dalam memasak, mulai dari masakan khas, makanan luar negeri, hingga kue-kue dan jajanan.

Nah, oleh karena banyak yang menjalankan usaha ini, tentu akan ada banyak juga yang ingin mengajukan pinjaman agar bisa mengembangkan bisnisnya tersebut. Lantaran banyak permintaan, maka kami menyediakan salah satu contoh surat keterangan usaha katering yang bisa kalian lihat pada gambar di bawah ini:

Surat Keterangan Usaha Katering
Surat Keterangan Usaha Katering


Download Surat

9. Surat Keterangan Usaha Gas Elpiji

Selain katering, perusahaan gas elpiji juga cukup banyak dan rentan membutuhkan modal untuk mengembangkan usahanya. Mengingat bahwa harga dan modal untuk mengembangkan bisnis gas elpiji tidaklah murah.

Oleh karena tidak murah, namun permintaan banyak, tentu saja karena elpiji merupakan kebutuhan pokok masyarakat saat ini.

Berikut ini contoh surat keterangan usaha untuk perusahaan gas elpiji:

Surat Keterangan Usaha Gas Elpiji
Surat Keterangan Usaha Gas Elpiji


Download Surat

10. Surat Keterangan Usaha Hilang

Kelalaian bisa saja terjadi hingga membuat surat keterangan usaha yang telah didapatkan susah payah hilang begitu saja. Kali ini kami akan memberikan contoh surat pernyataan yang mungkin bisa membantu kalian untuk mendapatkan surat keterangan usaha yang sudah hilang.

Surat Keterangan Usaha Hilang
Surat Keterangan Usaha Hilang


Download Surat

Itulah 10 Surat Keterangan Usaha yang bisa SuratResmi.id berikan. Semoga bermanfaat dan untuk usaha kalian akan kami doakan sukses selalu.

ETIKA DATANG KE KANTOR KELURAHAN/KECAMATAN

Apabila kalian datang ke kantor kelurahan atau kecamatan, disarankan menggunakan busana yang rapi agar terlihat sopan. Dalam kantor pelayanan publik seperti itu kadang kita dipandang dari luarnya. Oleh karena itu kalau kalian terlihat kumuh dan kotor, bisa jadi ini akan mempengaruhi keluarnya surat yang kalian butuhkan. Kalian tentu tidak mau surat yang kalian proses keluar dalam kurun waktu yang lama hanya karena petugas merasa tidak yakin saat melihat tampilan kalian.

Jika kalian sudah memperhatikan masalah tampilan, selanjutnya adalah tutur bahasa yang kalau bisa mengucapkan dengan kata-kata formal. Jangan bawa kebiasaan berbicara dengan teman atau keluarga dibawa ke kantor kelurahan atau kecamatan.

Demikian tipsnya semoga bisa membantu dan mudah-mudahan surat keterangan usaha yang kalian inginkan bisa didapat dengan cepat dan mudah.